Wakaf Tunai Pembebasan Lahan dan Pembangunan Pesantren Tahfidz Alquran Tasikmalaya

Minggu, 20 April 2014

Profil

Latar Belakang

Permasalahan anak Yatim dan Dhuafa dimasa krisis ekonomi yang semakin tidak menentu ini sungguh tidak sama dengan anak-anak yang berada dalam jaminan dan perlindungan orangtuanya khususnya Pendidikan dan Masa depannya. Lembaga Pendidikan yang berkualitas jelas tak terjangkau oleh mereka, sementara pendidikan yang katanya ‘Gratis’ mutunya dipertanyakan, yang gratis dan berkualitas masih sangat langka dan tidak sebanding dengan jumlah mereka yang semakin meningkat. Kita juga melihat dan menyaksikan Panti Asuhan Yatim dan Dhuafa telah ribuan didirikan oleh Pemerintah dan LSM, tugas mereka hanya sekedar memberi makan, tempat tinggal dan pendidikan ala kadarnya sampai maksimal usia SLTA, lulus SLTA masih belum mampu mandiri dan tetap menjadi beban keluarga dan masyarakat.

Tujuan

Berdirinya Rumah Tahfidz Yatim & Dhuafa ini semata-mata ditujukan dalam rangka dakwah Islamiyyah dan pemberdayaan kaum dhuafa dan yatim (sosial). Bersama para pelajar dan penghafal Al-Qur’an, mari bersama-sama mempelajari dan mengamalkan Al-Qur’an dan As-Sunnah yang dimulai dari kecintaan membaca dan menghafal Al-Qur’an.

Visi

Menjadi lembaga dakwah Islamiyyah dan sosial yang profesional yaitu berkaitan dengan pengajaran AlQur’an dan pemberdayaan anak-anak yatim dan dhuafa dalam memberikan manfaat luas kepada masyarakat.

MISI

  1. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang Mutqin (memiliki kualitas hafalan yang kuat) dan memiliki ijazah hafalan yang sanadnya bersambung kepada Rasulullah shallallalahu ’alaihi wasallam.
  2. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang memiliki kemampuan berbahasa Arab dan Inggris secara aktif dan pasif, baik lisan maupun tulisan.
  3. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang memiliki dedikasi tinggi dalam dakwah dan pelayanan ummat.
  4. Mencetak kader penghafal Al Qur’an yang berjiwa entrepreneurship (kewirausahaan).
  5. Menerapkan Total Quality Management (TQM) dalam proses pendidikan.

Program

ISLAMIC HOME SCHOOLING ( IHS )

Inilah sekolah solutif yang sedang kita selenggarakan dan telah dinantikan oleh sebagian besar para Yatim dan Dhuafa serta Masyarakat umum lainnya, Islamic Home Schooling tingkat SD, SLTP dan SLTA, dengan Kurikulum utama Menghafal Al-Qur’an minimal 5 Juz sampai 30 Juz, Komunikasi Aktif Bahasa Inggris, dan Teknologi Informatika Komputer, serta pelajaran-pelajaran wajib yang aplikatif yang menitikberatkan kepada praktek seperti Fiqih Ibadah, Aqidah, Akhlaq dan berbagai life skill lainnya. inilah yang akan kita jadikan miniature system pendidikan untuk para Yatim dan Dhuafa, menempati sebuah rumah dengan fasilitas yang cukup representative dengan laboratorium computer dan internet yang terbuka 24 jam , memungkinkan anak – anak asuh kita dapat belajar dan bereksplorasi dalam berbagai materi pelajaran sekaligus dapat menimba ilmu secara mandiri .

RUMAH QUR’AN ( RUMAH TAHFIDH AL-QUR'AN & INFORMATIKA / RTQi )

Program pendidikan RTQi ini yang utama seluruh santri dapat menghafal Al Quran , di RTQi ini Santri ditargetkan hafal 30 Juz Al-Qur’an, menguasai Tehnik dan Sistem Operasi Komputer, Desain Grafis, Website, Internet, Networking, Editing Audio Video serta mampu berkomunikasi aktif dengan Bahasa Inggris. Disamping itu para santri ini juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan amal sholeh dan operasional Lembaga juga siap memenuhi permintaan Masyarakat untuk pengajaran Al-Qur’an dan Ibadah.

RUMAH YATIM DHUAFA

Konsep Islam dalam menangani masalah Anak Yatim dan terlantar adalah dirumahkan di rumah-rumah kaum muslimin agar perhatian, kasih sayang dan perlindungan terhadap mereka lebih terjamin, inilah yang sedang kita gagas dan kita jalankan dengan terlebih dahulu membuat prototype Rumah Yatim yang ideal yang akan kita duplikasi secara Nasional.
RUMAH YATIM DHUAFA bukanlah Panti Asuhan pada umumnya, disebut Rumah Yatim karena didalamnya adalah anak-anak yang belum mukallaf tapi telah terputus nafkah dari keluarganya, juga merupakan Rumah tempat para dhuafa. Rumah Yatim Dhuafa ingin bersinergi kepada semua pihak baik secara kelembagaan maupun personal yang benar-benar ingin memberikan solusi dan kontribusi untuk pemberdayaan para Yatim dan Dhu’afa. Berharap dari sini akan lahir manusia-manusia sholeh yang siap membantu ummat dan menduplikasi sistem pendidikan Islam keseluruh Nusantara.

0 komentar:

Posting Komentar